FUNGSI LOOKUP (pembacaan table) PADA EXCEL

by - 19.29



Fungsi ini digunakan untuk pembacaan pada suatu table yang diterjemahkan pada suatu baris dan kolom. Ada dua jenis fungsi lookup, yaitu HLOOKUP dan VLOOKUP.
HLOOKUP digunakan untuk pembacaan table data yang disusun secara horizontal. Sintaksnya seperti ini: =hlookup(lookup_value, table_array, row_index_num, range_lookup)
VLOOKUP digunakan untuk pembacaan table data yang disusun secara vertical. Sintaksnya seperti ini : =hlookup(lookup_value, table_array, column_index_num, range_lookup)
Inget ya, HLOOKUP (secara horizontal atau baris) dan VLOOKUP (secara vertical atau kolom).
Nah, untuk keterangannya seperti dibawah ini
  • Lookup_value : nilai dasar pembacaan table
  • Table_array : range table data yang dibaca
  • Row_index_num atau column_index_num : nomor urut yang menyatakan posisi baris dalam suatu table (dimulai dari 1)
  • Range_lookup : berisi nilai TRUE atau FALSE

Biar nggak pusing kita coba praktek aja yah ^^
Dalam contoh ini saya membuat table “Laporan Pendapatan ABUD TOUR AND TRAVEL” (lihat gbr.dibawah).
Untuk mengisi kolom “Tujuan” :
  • Silahkan menuju sel D5
  • Ketikkan =vlookup(
  • Pilih sel B5 lalu ketik “,”
  • Sorot range B19:D22 lalu tekan F4 pada keyboard. Langkah ini untuk mengubah menjadi absolute sehingga akan terlihat $B$19$D$22
  • Ketik lagi “,”
  • Lalu ketik angka 2. Angka 2 ini adalah nilai kolom kedua.
  • Ketik FALSE karena data pada table tidak urut.
  • Lalu ketik kurung tutup ) dan tekan ENTER pada keyboard.    
Lakukan hal yang sama untuk mengisi kolom “biaya per hari”



Untuk tutorial lebih lengkap beserta contoh file excel silahkan download pada link download dibawah ini.
DOWNLOAD

Semoga tutorial ini bermanfaat.

You May Also Like

0 comments