Fungsi Logika IF

by - 22.46


Pada tau semua kan apa fungsi IF ? IF berfungsi untuk menghasilkan nilai TRUE atau FALSE. Apa itu nilai TRUE dan FALSE ? Duuh bingung juga mau jelasinnya "."? Misal kita punya tabel seperti dibawah ini.  Jika nilai siswa di atas 60 maka LULUS dan jika dibawah 60 maka TIDAK LULUS. Maka kita perlu menuliskan rumus logika IF.
Sintaksnya seperti ini =IF(logical_test, value_if_true, value_if_false)
NAMA
NILAI
KET
SUNI
55
TIDAK LULUS
ABDUL
78
LULUS
ANIS
89
LULUS
ZAKARIA
67
LULUS
FITRI
60
LULUS

Untuk mengisi kolom keterangan, maka kita masukkan rumus
=IF(C11>=60, "LULUS", "TIDAK LULUS")



Logical_test adalah nilai atau ekspresi yang dapat dievaluasi menjadi TRUE atau FALSE

Value_if_true adalah nilai yang dihasilkan jika argumen logical_test menyatakan TRUE

value_if_false adalah nilai yang dihasilkan jika argumen logical_test menyatakan FALSE.





FUNGSI NESTED IF







 Fungsi IF diatas hanya untuk memeriksa satu kondisi. Lah gimana kalo misal dihadapkan pada suatu kasus dengan banyak kodisi ? Maka bentuk algoritmanya seperti ini:

IF kondisi 1 adalah TRUE




Eksekusi pernyataan 1


IF kondisi 2 adalah TRUE




Eksekusi pernyataan 2


Else





Eksekusi pernyataan berikutnya














Paham ? Ato malah tambah bingung ? Wkwkwkk…. Pelan-pelan ya..


Gampangnya gini, di dalah IF() ada IF() lagi. OK, langsung pada contoh kasus aja ya.










NILAI
KET

NILAI
KET




80
A

78
B




68 - 80
B

50
D




56 - 67
C

88
A




40 - 55
D

90
A




40
E

24
E













Ketik pada shell F41. =IF(E41>80, "A", IF(E41>=68, "B", IF(E41>=56, "C", IF(E41>=40, "D", "E")))) Lalu tinggal copy paste saja untuk range berikutnya.


Silahkan download artikel lengkapnya disini.




You May Also Like

0 comments