Efek Bump Map

by - 10.27


Andre Lao – Masih seputar GIMP, kali ini saya akan mencoba membuat tutorial mengenai salah satu efek pada GIMP, yaitu Bump Map. Efek ini (Bump Map) bisa diaplikasikan pada efek foto atau gambar pada dinding. Contohnya seperti gambar dibawah ini.



 


 


 

Nah, langsung saja pada proses pembuatannya. Langkah pertama tentu saja siapkan dua image yang ingin di edit. Dalam contoh ini saya menggunakan foto dari salah satu karakter Resident Evil (gak tau siapa namanya) dan satunya gambar untuk background. Seharusnya berupa gambar dinding atau sejenis, namun saya tak punya stock gambarnya. Akhirnya saya pakai fasilitas Brush Tool pada GIMP itu sendiri. (lumayan efek dindingnya kan?) ^^
Buka image yang ingin diedit.



 


 


 


 


 


 

Perhatikan pada window Layer. Terdapat dua layer disana yaitu layer "Background" dan layer "Orang". Layer orang disini adalah image yang telah anda buka tersebut.
Pilih layer Background kemudian tekan Shift + B untuk mengaktifkan Fill Bucket Tool. Perhatikan jendela Properties. Pada Fill Type pilih Pattern Fill > Slate. Dan pada Affected Area pilih Fill Whole Selection. Setelah itu klik pada area kerja, maka akan terbentuk sebuah pattern bercorak batu. Untuk menghaluskan pattern, anda bisa menambahkan efek blur. Caranya yaitu klik Filter > Blur.


 

 

 

 

 
Setelah itu pilih layer orang dan klik Filter > Artistic > Cartoon. Atur sedemikian rupa sehingga mencapai efek cartoon yang kita inginkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Sekarang tinggal memberikan efek Bump Map. Klik Filter > Map > Bump Map. Pada jendela yang muncul, pilih layer background dan atur propertinya. Setelah itu OK.

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 
Agar gambar terlihat lebih terang anda bisa mengaturnya lewat Tool Level. Caranya klik menu Color > Level.
SELESAI. Hasilnya akan terlihat seperti gambar di atas sendiri.

 


 

***
Andre Lao

 

 


 


 


 


 


 

You May Also Like

0 comments